Sistem Regulasi PLTD





Assalamu'alaikum...
kali ini kami akan memberikan pengarahan sedikit berkaitan pembangkit PLTD. PLTD adalah Pusat tenaga listrik yang dihasilkan dengan menggunanakan tenaga mesin. Nah Pusat tenaga listrik ini luamayan efektif penggunaannya jika digunakan di kampung, pelosok dan pulau terpencil. Tetapi pusat tenaga listrik ini terdapat sangat  banyak kerugian, dikarenakan bahan bakarnya yang terlalu boros. oleh karena itu marilah sahabat semua untuk menggunakan energi dengan hemat.

langsung saja ke inti judulnya....

Sistem Regulasi PLTD

Sistem Regulasi di PLTD merupakan salah satu sistem penunjang untuk membantu mesin dalam bekerja. Dengan sistem ini mesin dapat dioperasikan dengan dibebani secara acak dalam keadaan minimal dan maksimal kemampuan mesin berputar. Artinya mesin dapat dioperasikan dalam keadaan beban tertentu dengan ada batasan kemampuan mesin, mesin bisa dipercepat dan diperlambat, itulah fungsi dari sistem regulasi. Tujuan governor ini digunakan sebagai pencegah mesin mati jika tambahan beban pada mesin.

Ketika mesin berputar melambat dikarenakan adanya beban yang bertambah (contohnya disaat menanjak) governor akan mendorong as rack sehingga menambah debit minyak, dan hal itu akan membuat putaran mesin bertambah dan tidak kehilangan tenaga / mati. Pun halnya ketika mesin berputar terlalu cepat sedangkan pedal gas tidak diinjak (contohnya ketika menurun) maka governor akan mengurangi debit minyak ke ruang bakar dengan menggerakkan as rack ke arah mundur sehingga tidak terjadi overrunning.

Alat utama pada sistem ini adalah governor. Fungsi governor yaitu

  • Mengatur perubahan putaran mesin
  • Dapat mematikan mesin ketika putaran atau beban mesin diluar rencana
  • Memudahkan mesin hidup saat start dengan memperbanyak penyuplaian penginjeksian bahan bakar.
  •  Mempertahankan putaran setiap posisi.
  • Membatasi kecepatan idle.
  • Membatasi kecepatan maksimum.

Gambar diatas adalah merupakan bentuk dari governor. Governor memiliki berbagai macam bentuknya sesuai dengan keadaan mesin yang dipakainya. Kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang governor yang di foto.

Bagian-bagian tombol putar di papan putih governor :
  1. Syncronaiser, merupakan tombol putar yang berfungsi untuk mengatur peningkatan penggunaan bahan bakar. Semakin banyaknya bahan bakar yang di keluarkan semakin kuat proses tekanan pembankaran sehingga dapat mempercepat gerakan piston untuk naik turun yang pada akhirnya akan mempercepat putaran crank shaft atau poros untuk berputar.
  2. Speed drop, merupakan tombol putar yang berfungsi untuk mengatur seberapa otomatis governor bekerja. 100% merupakan kerja full otomatis dan 0% governor bekerja dengan full manual
  3. Load limit, merupakan tombol yang digunakan untuk pembatas penggunaan beban. 
  4. Compensation, merupakan tombol kepekaan governor berkaitan dengan waktu, memberi batas suatu beban dengan waktu tertentu, setelah itu dia akan kembali seperti kecepatan semula
Proses mempercepat kecepatan mesin secara umum.
Sebelum crankshaft mesin dipercepat, motor selonoid yang berada di rangkaian governor berputar cepat sehingga menggerakkan rek pompa injeksi untuk menambah kapasitas bahan bakar. Pada pompa ini bahan bakar di dorong ke pump injection oleh plunger  sehingga akan mengalir ke pump injection, dari pump injection bahan bakar mengalir ke injektor. Dan setelah itu bahan bakar akan di kabutkan ke silinder. 

begitulah prinsip secara umumnya saja. untuk lebih lengkap anda bisa klik disini.



Share:

Popular Posts

Post terakhe

Lets be a Inventor!

Hemat Listrik Untuk Kehidupan Lebih Baik

Label

Iklan Post

Pages